Cara Mengetahui Suhu Temperature Laptop atau Komputer Mudah

308 views

Beberapa hari ini laptop milik saya yaitu Lenovo Y580 suara fan/kipasnya lumayan kenceng, kemungkinan ini pertanda bahwa laptop ini sedang kerja rodi, hehehe.. Kerja keras, makanya bunyi fan kenceng, angin yang keluar panas, dan tentu suhu laptop tinggi.

Apalagi saya sempat dibuat panik, karena laptop Lenoyo Y580 ini sempat mati mendadak saat saya sedang mencoba main game Far Cry 3, baru saja main sekitar 5 menit, langsung mati mendadak. Iseng-iseng browsing, banyak yang bilang ini tanda-tanda overheating, yaitu kondisi dimana hardware prosessor dan vga kepanasan, jadi sistem otomatis berhenti bekerja supaya tidak terjadi kerusakan parah.

Untuk membuktikannya saya pun coba mengecek suhu atau temperatur komponenya.

Cara Mengetahui Suhu Temperature Laptop atau Komputer Mudah

Cara termudah untuk mengecek suhu temperatur panas komponen laptop Prosessor, Motherboard, dan GPU(Grafis Prosessing Unit) adalah dengan cara menggunakan software/aplikasi.

Ada beberapa aplikasi gratis yang sudah tersebar di Internet(Google) yang bisa digunakan untuk menampilkan informasi suhu temperatur laptop/pc. Berikut ini adalah contohnya :

  1. Speccy
  2. Real Temp
  3. HW Monitor

Atau jika teman-teman tidak mau menggunakan aplikasi pihak ketiga di atas, maka bisa juga mencegek suhu temperatur laptop/pc melalui BIOS.

Pada pembahasan kali ini, saya mencontohkan menggunakan aplikasi Speccy untuk mengecek kondisi suhu temperatur panas pada laptop lenovo y580 milik saya.

  • Download dan Install aplikasi Speccy pada laptop atau komputer.
  • Buka aplikasi Speccy, kemudian tunggu sebentar karena aplikasi akan membaca data, dan setelah itu akan muncul informasinya. (Lihat gambar dibawah ini)

Cara Mengetahui Suhu Temperature Laptop atau Komputer Mudah

*Untuk memunculkan informasi pada gambar kanan(grafik suhu), silakan klik icon proses(kotak hijau).

Banyak sekali informasi yang bisa kamu dapatkan saat membuka aplikasi Speccy, diantaranya adalah

  • Kondisi suhu temperatur CPU, Motherboard, Graphics, dan Hardisk.
  • Spesifikasi dan Hardware yang digunakan pada laptop.
  • Grafik suhu, untuk mengetahui batas maksimal, seperti pada gambar kedua.

Saya sendiri belum tahu pasti berapa suhu normal saat menggunakan laptop, dan suhu normal saat bermain game. Tetapi dari aplikasi Speccy terlihat bahwa batas suhu maksimal adalah 100′. So, kalau suhu laptop sudah mencapai suhu tersebut, berarti jangan dipaksa kerja keras lagi, nanti bisa mati mendadak laptop/pcnya atau bahkan bisa merusak komponen.

Gimana kalau suhu laptop cepat panas, apakah ada tipsnya?

Untuk mengurangi suhu laptop/pc agar tidak cepat panas, salah satunya adalah mengurangi kegiatan atau proses yang dijalankan komputer atau laptop itu sendiri, misalnya jangan terlalu sering bermain game dan membuka browser atau menonaktifkan aplikasi yang berjalan pada startup.

Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk memeriksa kebersihan dan kondisi pendingin laptop, yaitu dengan cara membersihkan fan, membongkar fan.

Bagaimana jika kita sudah membersihkan fan dari kotoran, tapi tetap saja laptop/pc cepat panas? Cobalah untuk memeriksa Thermal Paste, Jika sudah lama tidak diganti atau sudah kering/pecah sudah waktunya untuk diganti.

Thermal Paste adalah cairan penghantar panas yang berada diantara heatsink dengan komponen utama seperti prosessor/GPU.

Baiklah, mungkin sampai disini dulu untuk pembahasan tentang Cara Mengetahui Suhu Temperature Laptop atau Komputer Mudah. Semoga tips pengalaman ini bisa bermanfaat, jika ada pertanyaan silakan berikan komentar.

Terimakasih.

memori tips windows

author
Hobi internet, Jualan, dan Coba-coba.

Posting Terkait