Fakta Belanja Online Gadget di Batam

89 views

Fakta Belanja Online Gadget di Batam

Halo teman-teman kasurnet.com, kali ini saya akan berbagai informasi mengenai fakta-fakta unik yang mungkin saja akan kalian hadapi jika membeli perangkat gadget seperti smartphone, laptop, komputer, atau sejenisnya dari Batam, Kepulauan Riau melaui Online Shop.

Batam merupakan daerah FTZ(Free Trade Zone), buat yang belum tau apa itu ftz, secara singkat ftz berarti barang yang masuk dari luar negeri ke wilayah batam tidak dikenakan bea masuk, itulah yang membuat barang elektronik batam murah-murah. Tapi apakah kenyataannya fakta begitu?

Fakta Belanja Online Gadget di Batam

1. Pengiriman Barang Elektronik/Gadget Keluar Daerah Mahal Kena Pajak

Kamu harus tau, bahwa barang yang akan keluar dari wilayah batam, seperti Gadget/Elektronik meliputi smartphone, laptop, dan sejenisnya akan dikenakan pajak.

Misalnya kirim hp dari batam ke jakarta, maka kena pajak. Beda jika kirim hp dari jakarta ke batam, tidak kena pajak.

Berapa sih pajak yang harus dibayarkan : Baca Inilah Pajak Saat Mengirim Elektronik/Smartphone dari Batam

Barang yang tidak dikenakan pajak adalah barang pribadi/penggunaan, bukan barang jualan.

Tapi, taukah kamu? Bahwa sudah menjadi rahasia umum, jika kita membeli sebuah smartphone biasanya penjual online di Batam akan memberikan tambahan biaya ongkir sebesar 200rban, dan jika membeli laptop biasanya akan dikenakan 350rban bahkan lebih.

Nah itulah faktanya, bahwa pengiriman barang gadget/elektronik dari Batam mahal, karena memang kebijakan pajak.

#Taatpajak

2. Banyak Penipuan Mengatasnamakan Penjual di Batam

Sudah menjadi hal yang umum di Sosial media, seperti facebook, bbm dan lainnya, sering kali ada orang yang tidak bertanggung jawab menjual smartphone/gadget berkedok murah dan mengaku memiliki toko di Batam, namun kenyataannya tidak demikian.

Jadi, buat kamu yang pernah ketipu beli online yang katanya punya toko di Batam, coba diteliti dulu. Bisa jadi penipunya bukan dari batam, melainkan dari wilayah lain yang hanya mengatasnamakan toko batam.

3. Smartphone Murah Dari Luar Negeri

Peredaran smarphone dari luar negeri yang ada di Batam bisa dibilang sangat luar biasa cepat, misalnya saja fenomena smartphone Docomo pernah menjadi trending post di kasurnet.com, berikut ini link pembahasan smartphone docomo :

Smartphone docomo, smartphone au, smartphone singtel, iphone japan, dan sejenisnya memang banyak beredar diwilayah batam awalnya, karena memang smartphone itu merupakan smartphone dari luar negeri yang mudah masuk ke Batam.

Selain itu, munculah istilah baru di dunia smartphone, yaitu Smartphone Global, Smartphone Docomo, dan istilah lainnya, tujuannya membedakan asal usul smartphone tersebut.

  • Smartphone Docomo, artinya itu smartphone yang memiliki hubungan operator selular jepang.
  • Smartphone Global, artinya itu smartphone yang memang diedarkan wilayah umum.

4. Garansi Smartphone/Gadget Dari Batam

Jika kamu berniat membeli smartphone di Batam, harus diperhatikan juga masalah Garansi. Kamu harus rela mendapatkan garansi yang tidak resmi, kenapa?

  • Smartphone dari batam, kebanyakan menggunakan garansi internasional, artinya untuk proses claim jika ada problem tentu tidak mudah.
  • Smartphone dari batam yang seperti sony docomo, samsung au, dan sejenisnya tidak akan diterima garansi resmi.
  • Garansi smartphone dari Batam, biasanya hanya mengandalkan garansi personal/garansi toko, dan itu biasanya tidak lama 7 hari, atau kalau kamu beruntung ada yang beberapa toko online yang menjamin 1 bulan.
  • Jika ada problem dari smartphone yang sudah kamu beli dari toko online batam, dan kamu tidak dibatam, bisa jadi kamu akan dikenakan ongkir tambahan untuk kirim barangnya(sesuai pajak(seperti fakta 1)).

Tapi, kamu masih bisa mendapatkan smartphone dengan garansi resmi misalnya samsung (SEIN) kok di Batam, hanya saja harganya tentu tidak jauh beda dengan harga pasaran/harga normal.

5. Tidak Semua Harga Elektronik di Batam Murah

Yah, mungkin ada sebagian orang mengira di Batam barang elektronik itu murah-murah semua, tapi kenyataannya itu tidak demikian.

Barang-barang elektronik yang murah biasanya barang yang bekas, ataupun barang dari luar negeri, tetapi barang elektronik yang berasal dari Indonesia(jakarta), tetap saja harganya normal. 😀


Baiklah, untuk postingan kali ini saya cukupkan 5 Fakta Belanja Online Gadget di Batam, mungkin nanti akan dibuatkan update artikel yang seperti ini, jika banyak komentar.

Buat kamu yang belum pernah belanja Online di Batam, silakan di coba. hehehe, dan buktikan sendiri.

Jika postingan ini bermanfaat, boleh berikan komentar positif, dan SHARE di Sosial Media agar teman-temanmu tau.

*Segala informasi yang ditulis bisa saja berubah seiring waktu.

batam Smartphone tips toko online

author
Hobi internet, Jualan, dan Coba-coba.

Posting Terkait