Inilah Pajak Saat Mengirim Elektronik/Smartphone dari Batam

Inilah Pajak Saat Mengirim Elektronik/Smartphone dari Batam

Saya mau sedikit berbagi informasi tentang berapa biaya pajak yang harus dibayarkan saat akan mengirim barang elektronik atau barang mewah seperti smartphone, laptop menggunakan jasa pengiriman resmi seperti JNE/POS dari Batam, Kepulauan Riau.

Oh iya, sebelumnya saya juga sudah membuat artikel yang isinya menceritakan tentang teman saya yang mencoba mengirim paket tidak sesuai dengan isi paket, Silakan baca artikel : Isi Paket JNE Tidak Sesuai Saat Mengirim. Pada artikel tersebut saya juga sedikit membahas tentang pajak, untuk itulah saya membahasnya di artikel ini.

Kenapa barang elektronik/mewah di Batam saat akan dikirim ke luar daerah dikenakan pajak?

  • Batam termasuk wilayah Free Trade Zone(FTZ) atau Zona Perdagangan Bebas, yang artinya setiap barang yang masuk ke Batam dari luar negeri tidak akan dikenakan pajak bea import/bea masuk.
  • Sehingga barang yang akan dikirim keluar batam, misalnya batam-jakarta maka barang tersebut akan dikenakan pajak, seperti membeli barang di luar negeri.

Untuk pembahasan tentang Zona Perdagangan Bebas, silakan simak di artikel blog berikut ini

*Syarat ketentuan berlaku.

Inilah Pajak Saat Mengirim Elektronik/Smartphone dari Batam

Untuk membuktikan dan menanyakan langsung berapa pajak yang akan dikenakan, maka saya mencoba untuk bertanya kepada salah satu customer servis agen JNE di Batam, melalui chatting whatsapp.

Pajak Saat Mengirim Elektronik/Smartphone dari Batam

Screenshot Chatting

  • Pajak 17.5% untuk barang di atas 400rb – 5jt
  • Pajak 27.5% untuk barang di atas 5jt

Oke, jadi perhitungannya kurang lebih seperti ini.

Untuk menghitung pajaknya, misalnya barang yang akan dikirim harganya 1jt, maka pajak yang harus dibayarkan 175rb, dan itu belum termasuk ongkir.

Jika ongkirnya 25rb, maka total Pajak 175rb + Ongkir 25rb = Total 200rb

Untuk itulah kenapa saat kita membeli smartphone online di Batam, biasanya Online Shop dari Batam akan memberikan biaya ongkir sekitar 200rban. Itu wajar, karena mereka membayarkan pajak untuk barang smartphone yang dikirimkan keluar batam.

*Jika ada kesalahan dalam penjelasan artikel diatas, saya harap teman-teman yang sudah membaca dapat memberikan komentar perbaikan.

Terimakasih, semoga informasi Inilah Pajak Saat Mengirim Elektronik/Smartphone dari Batam bisa bermanfaat untnuk teman-teman semua.

batam jne

author
Hobi internet, Jualan, dan Coba-coba.

Posting Terkait