Macam-macam Topologi Jaringan Komputer

827 views

Sebelum mengenal macam-macam topologi jaringan Anda harus tahu terlebih dahulu pengertian topologi. Topologi jaringan merupakan tampilan fisik yang mengambarkan penempatan komputer-komputer dalam sebuah jaringan. Topologi jaringan juga bisa dikatakan sebagai desain sebelum menentukan membuat jaringan komputer.

macam-macam topologi jaringan komputer

Macam-macam Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan terbagi menjadi dua, yaitu Physical Topologi dan Logical Topologi.

Jenis-jenis Physical Topologi

Topologi Bus

macam-macam topologi jaringan komputer

Topologi Bus

Topologi Bus merupakan topologi yang banyak menggunakan kabel Coaxial, dengan menggunakan T-Connector. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic.

Topologi Bus Topologi ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Terdiri satu kabel yang kedua ujung nya ditutup, dimana sepanjang kabel terdapat node-node.
  2. Banyak digunakan karena sederhana.
  3. Jika terdapat komunikasi data dua arah memungkinkan terjadi colison, dan apabila kabel inti putus transfer data akan mengalami gangguan.

Topologi Ring

macam-macam topologi jaringan

Topologi Ring

Topologi Ring merupakan topologi yang menghubungkan komputer menggunakan kabel yang membentuk sebuah lingkaran, karena itulah disebut ring. Topologi ini umumnya digunakan di dalam jaringan token ring, dan FDDI(Fiber Distributed Data Interface).

Topologi ring mempuyai karakteristik sebagai berikut:

  1. Lingkaran tertutup yang berisi node-node.
  2. Sederhana dalam pembuatan.
  3. Signal mengalir dalam satu arah, sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision (dua paket data bercampur), sehingga memungkinkan pergerakan data yang cepat.

Topologi Star

macam-macam topologi jaringan komputer

Topologi Star

 

Topologi Star merupakan topologi yang menghubungkan semua kabel menuju konsentrator. Konsentrator tersebut biasanya berupa hub atau switch. Topologi ini merupakan yang paling banyak digunakan dalam sebuah jaringan.

Topologi star mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  1. Setiap node berkomunikasi langsung dengan central node, traffic data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi.
  2. Mudah dikembangkan, karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node.
  3. Jika ada satu kabel terputus maka jaringan lain tidak terganggu.

Topologi Extended Star

Topologi Extended Star merupakan perkembangan lanjutan dari topologi star dimana karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan topologi star yaitu :

Topologi Hierarchical atau Topologi Tree

Topologi ini biasa disebut sebagai topolodi tree. Dibangun oleh seperti halnya topologi extended star yang dihubungkan melalui sub node dalam satu central node. Topologi ini dapat mensupport baik baseband maupun broadband signaling dan juga mensupport baik contention maupun token bus access.

Topologi Mesh

Topologi dibangun dengan memasang link diantara atation-station. Sebuah ‘fully-connected mesh’ adalah sebauh jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain. Biasanya digunakan pada jaringan komputer kecil.

Topologi ini secara teori memungkinkan akan tetapi tidak praktis dan biayanya cukup tinggi untuk di-implementasikan. Mesh topologi memiliki tingkat redundancy yang tinggi. Sehingga jika terdapat satu link yang rusak maka suatu station dapat mencari link yang lainnya.

Jenis-jenis Logical Topology

FDDI (Fiber Distributed-Data Interface)

FDDI (Fiber Distributed-Data Interface) adalah standar komunikasi data menggunakan fiber optic pada LAN dengan panjang sampai 200 km. Protokol FDDI berbasis pada protokol Token Ring.

FDDI terdiri dari dua Token Ring , yang satu ring -nya berfungsi sebagai ring backup jika seandainya ada ring dari dua ring tersebut yang putus atau mengalami kegagalan dalam bekerja. Sebuah ring FDDI memiliki kecepatan 100 Mbps.

Token Ring

Token Ring adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang  awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969.

[su_note note_color=”#2e98c9″ text_color=”#ffffff”]Materi artikel macam-macam topologi jaringan komputer bersumber dari berbagai media, Yang telah dirangkum sedemikian rupa, dengan beberapa perubahan. [/su_note]

Networking

Penulis: 
author
Admin yang suka main internet dikasur, Jadilah kasurnet.com.

Posting Terkait