Pengertian Hardisk dan Fungsinya

641 views

Pengertian Hardisk dan Fungsinya – Halo teman, lagi nyari penjelasan tentang hardisk komputer?, Nih saya mau memberikan penjelasan secara lengkap tentang hardisk komputer. Materi ini saya tulis dari berbagai sumber yang pernah saya baca di buku, internet dan penjelasan oleh guru saya. Semoga bermanfaat.

Pengertian Hardisk dan Fungsinya

Pengertian Hardisk dan Fungsinya

Pengertian Hardisk

Hardisk adalah sebuah perangkat keras pada komputer yang terbuat dari bahan logam berbentuk kotak dan didalamnya terdapat piringan yang mampu menyimpan data dari proses komputer. Hardisk mempuyai fungsi penyimpanan sekunder yang artinya mampu menyimpan data dalam waktu yang lama, meskipun komputer telah dimatikan. sangat berbeda dengan penyimpanan primer seperti RAM yang hanya menyimpan data saat komputer bekerja.

Kapasitas hardisk mempunyai ukuran yang paling besar dari pada penyimpanan lainnya, mulai dari MB(Mega Byte
), GB(Giga Byte) hingga TB(Tera Byte).

Untuk menghubungkan hardisk ke dalam komponen komputer terdapat beberapa port

  1. SATA , Standar alat yang digunakan untuk transfer data antara hardisk ke komponen dengan cepat.
  2. USB, Alat ini biasa digunakan untuk menghubungkan antara Hardisk eksternal ke Komputer. Versi USB 2.0 dan USB 3.0
  3. IDE, Alat yang sudah lama digunakan sebelum SATA untuk menghubungkan hardisk ke komponen, dan sudah jarang digunakan.

Software pada hardisk komputer biasa lebih dikenal dengan nama File System, karena ini sangat berhubungan dengan management file yang ada pada komputer. Sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya (Baca:File system komputer)

Fungsi Hardisk

Sama seperti yang telah saya jelaskan pada pengertian hardisk bahwa hardisk mempunyai fungsi penyimpanan sekunder. fungsi read dan write juga terdapat dalam hardware hardisk ini. Kita bisa menghapus, membuat, dan melihat data yang telah kita buat tersebut.

  • Penyimpanan sekunder adalah bentuk penyimpanan data yang bisa dilakukan tanpa batas waktu, data akan tetap tersimpan meskipun komputer telah dimatikan. Contohnya Hardisk, Sdcard, SSD, Floppydisk dan lain-lain.
  • Penyimpanan primer adalah bentuk penyimpanan data yang hanya mempu menyimpan data sementara, artinya hanya menyimpan data saat komputer tersebut sedang berkerja. Contohnya RAM(Random Acces Memory).

Fungsi hardisk sudah mulai tergantikan dengan SSD

Taukah Anda bahwa saat ini komponen hardisk sudah mulai tergantikan oleh adanya produk baru yaitu SSD(Solid State Drive).

Berikut perbedaan antara SSD dan Hardisk

  • SSD mempunyai peforma lebih cepat dari pada Hardisk.
  • Harga SSD lebih mahal dari Hardisk.
  • SSD lebih awet dalam ketahanan dari pada Hardisk.
  • SSD lebih ringan dari pada Hardisk.
  • SSD mudah perawatan dari pada Hardisk.
  • SSD lebih hemat listrik dari pada Hardisk.
  • Kapasitas SSD lebih kecil dari pada Hardisk.
  • Dan lain-lain.

Nah itulah yang bisa saya bagikan, semoga ilmu tentang Pengertian Hardisk dan Fungsinya bisa bermanfaat untuk Anda.

Jika menurut Anda ada kesalahan dalam penulisan dan penjelasan kurang jelas, kami mohon ketersediaan untuk memberikan kritikan dan saran pada kolom komentar.

Terimakasih.

hardisk

Penulis: 
author

Admin yang suka main internet dikasur, Jadilah kasurnet.com.

Posting Terkait