Tips Cara Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan

924 views

Tips Cara Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan –  Proyektor saat ini bukan menjadi barang yang jarang kita temui, Terlebih lagi alat ini sangat banyak digunakan di Sekolah, Kantor, Cafe, Rumah Makan, Bioskop Mini, dan masih banyak lagi yang lainnya. Proyektor adalah alat yang digunakan untuk memproyeksikan atau memancarkan gambar bergerak ke dinding proyeksi. Sehingga gambar akan terlihat lebih luas, dan berdimensi besar.

Tetapi masalahnya sekarang banyak diatara kita yang tidak tahu tentang spesifikasi proyektor yang bagus, yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kita. Harga proyektor sekarang sangat bervariasi mulai dari 800rb hingga tak terhingga tergantung dari kualitas proyektor tersebut.

Dengan membeli proyektor sesuai kebutuhan maka kita akan mendapatkan harga proyektor yang sesuai tidak terlalu murah tapi tetap dapat bekerja dengan maksimal sesuai kebutuhan.

Tips Cara Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan

Tips Cara Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan

Spesifikasi Pada Proyektor yang perlu di perhatikan

  1. Ketahanan lampu proyektor.
    Lampu pada proyektor menjadi hal yang sangat utama, karena harga lampu bisa mencapai sepertiga harga proyektor tersebut. Lampu ini berfungsi untuk memancarkan cahaya. Jadi dalam memilih proyektor perhatikan umur lampu, ketahanan dan yang terpenting garansi.
    Garansi pada lampu proyektor tergantung pada produsen ada yang 1 tahun, 2 tahun. Silakan langsung tanyakan kepada penjual.
  2. Brightness(Pencahayaan).
    Pencahayaan pada proyektor ini biasanya lebih dikenal dengan Lumens. Semakin terang cahaya maka lumens semakin tinggi. Lumens yang tinggi biasanya digunakan untuk ruangan yang terang, begitu sebaliknya.
  3. Resolusi
    Proyektor juga mempunyai resolusi. Resolusi adalah besar ukuran layar. Semakin besar maka semakin banyak yang dapat ditampilkan. Secara umum untuk resolusi standar berukuran 800×600 untuk presentasi. Jika digunakan untuk menonton film, animasi dan lainnya silakan pilih resolusi diatas 800×600.
    Ukuran resolusi SVGA 800×600, XGA 1024×768, dan SXGA 1280×1024.
  4. Contrast Rastio
    Contrast ratio adalah bagian yang mengukur tingkat gelap dan terang pada proyektor. Sehingga proyektor mampu mendeteksi ukuran terang dan gelapnya cahaya yang akan di gunakan.
  5. Fitur
    Fitur juga dapat digunakan untuk melihat apakah proyektor tersebut keluaran terbaru atau versi lama. Proyektor dengan versi terbaru sudah memiliki fitur seperti Port HDMI, DVI, USB, VGA, Port SD Card, fitur wireless, dan masih banyak lagi fitur terbaru.

Pilih proyektor sesuai kebutuhan atau fungsi

  1. Proyektor untuk ruangan yang terdapat cahaya atau terang, Misalnya ruang kelas, ruang rapat dan sebagainya.
    Pilih proyektor yang memiliki terang yang tinggi  atau lumens besar(2000-3000 Lumens). Karena cahaya prorektor akan bersain dengan cahaya yang ada di ruangan. Jika menggunakan proyektor dengan cahaya sedikit maka gambar tidak bisa terlihat dengan jelas.
  2. Proyektor untuk ruangan auditorium, atau ruangan yang lebih luas. 
    Pilih proyektor dengan lumens yang sangat tinggi, Sehingga kualitas gambar tetap terlihat meskipun berada di ruangan yang terang. >3000 Lumens.
  3. Proyektor untuk kamar pribadi atau ruangan gelap.
    Pilih proyektor yang memiliki lumens tidak terlalu tinggi, tapi tetap jelas terlihat jika berada di ruangan, dan memiliki contral rasio yang tinggi. 1000 Lumens.

Nah itulah beberapa Tips Cara Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan, Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda mempunyai tips tentang cara memilih proyektor silakan tulis dikolom komentar. Sekian dan terimakasih.

proyektor

Penulis: 
author
Admin yang suka main internet dikasur, Jadilah kasurnet.com.

Posting Terkait