Cara Merekam Layar Android

606 views

Cara Merekam Layar Android – Untuk membuat tutorial pada layar smartphone kita biasa menggunakan screencapture, tapi sebenarnya kita juga bisa menggunakan fitur screenrecorder. Screenrecorder adalah cara untuk merekam aktivitas yang ada di layar smartphone android, kemudian dijadikan file Video. Sehingga mudah untuk dipahami.

Tidak semua smartphone bisa langsung menggunakan fitur Screenrecorder, tetapi harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, sudah banyak tersedia namun tidak semua aplikasi bekerja dengan baik sesuai smartphone yang kita gunakan.

Cara Merekam Layar Android

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, kita juga harus melakukan ROOT pada smartphone, tetapi ada juga aplikasi screenrecorder tanpa root. Untuk lebih jelasnya silakan simak tutorial berikut ini

Cara Merekam Layar Android

Persiapan

  1. Pastikan smartphone kamu sudah dalam keadaan Rooted, jika belum silakan lakukan rooting, cari tutorialnya di google.
  2. Jika sudah, download aplikasi SCR Screen Recorder Pro. Aplikasi ini simpel tapi punya fitur yang sangat oke. Contohnya merekam layar android dengan suara dari mic, merekam layar android dengan suara plus camera depan merecord kita juga bisa.

Cara Installasi

1. Install aplikasi SCR Screen Recorder Pro pada smartphone kamu.

2. Jalankan SCR Screen Recorder Pro, lalu akan muncul 3 menu kecil. Kamu bisa menggunakan tombol tersebut sesuai fungsinya.

Cara Merekam Layar Android

a. icon untuk melakukan record/mulai merekam.

b. icon untuk melakukan setting, kamu bisa melakukan perubahan kualitas dan banyak fitur.

c. icon untuk close.

3. Untuk melakukan stop recorder kamu tinggal tekan tombol power sekali agar layar kamu mati, kemudian tunggu 1-2detik, dan hidupkan lagi. maka otomatis file rekaman layar sudah tersimpan dimemori, kamu bisa mengeceknya di galeri.

Btw, cara inilah yang saya gunakan untuk membuat beberapa tutorial yang mengharuskan untuk merecord layar pada smartphone Android Kitkat(Oppo Mirror 3).

Mungkin teman-teman ada yang bertanya.

  1. Apakah smartphone harus di Root jika untuk merecord screen? Iya, meskipun ada beberapa aplikasi screen recorder yang bisa digunakan tanpa root android.
  2. Kok hasil screen recorder android putus-putus, dan jelek? Coba lakukan setting, ubah resolusi video dan FPS ke lebih rendah.
  3. Tanyakan pertanyaan kamu di kolom komentar ya..

Nah itulah tutorial bagaimana caranya untuk melakukan screen recording atau merekam layar android, semoga bisa bermanfaat dan mudah untuk dipahami. Terimakasih.

Android aplikasi Smartphone tips

Penulis: 
author
Admin yang suka main internet dikasur, Jadilah kasurnet.com.

Posting Terkait